Thursday, March 17, 2011

Pendapatku mengenai dunia awal kuliah

Banyak orang (subjek ini pasti akan dicoret-coret jika ada dosen penil yang melihat, katanya 'banyak orang' itu harus berdasarkan fakta!, secara gue juga ga tau seberapa banyak ya sudahlah subjek ini paling cocok digunakan.) yang mengatakan bahwa dunia SMA adalah masa yang paling indah. Memang sih masa SMA itu masa yang paling berkesan, tapi ga kalah kok sama masa-masa awal kuliah. Masa SMA memang kita mempunyai teman-teman yang cukup solit, di mana kurang lebih 3 tiga tahun kita bersama-sama satu sekolah dan melakukan berbagai hal yang sama atau lebih tepatnya dipaksa untuk melakukan kegiatan yang sama. Guru sebagai makhluk yang paling ditakuti, karena mereka yang memegang mandat. Pelajaran sekolah yang beraneka-ragam dan tugas-tugasnya yang dapat dengan mudah dicontek pastinya membuat kita semakin rindu untuk balik.

Gue berpendapat lain. Memang SMA adalah masa-masa di mana gue bertemu orang-orang yang super yang gue panggil mereka sebagai teman, tetapi secara garis besar saat masuk kuliah, lo semua akan mulai sadar bahwa kita sudah mulai terjun ke dunia nyata di mana kita berdiri masing-masing tanpa ada lagi yang ngatur. Inisiatif memegang peran yang cukup penting karena kita diharapkan dapat membuat keputusan apa yang baik dan berguna bagi diri kita untuk ke depannya. Gue sendiri menemukan banyak hal baru, orang baru, dan pastinya masalah baru setelah masuk kuliah ini. 'So far so good' adalah istilah yang ingin gue pakai, memang sejauh ini baik-baik aja sih. 

Gue juga ga bisa berpendapat bahwa semua orang akan sama pendapatnya kayak gue, yah ini mungkin karena faktor masa SMA gue, gue kurang memaknainya kali. Jadi gue merasa masa kuliah ini harus dimaknai lebih yang akhirnya menjadi pemicu dan sugesti bagi diri gue. Pokoknya yang jelas kalo kuliah itu memang beda banget sama SMA, dinamika yang terjadi bener-bener ga sama. Jelas itu balik lagi ke pribadi masing-masing dan atmosfer tempat kuliah dan jurusannya. Gue merasa cukup beruntung masuk ke tempat kuliah dan jurusan yang sangat hangat dan kekeluargaan, jadinya bener-bener nyaman dan mau berkembang lebih untuk ke depannya. Seneng aja bisa melakukan banyak hal yang bukan lagi menjadi suatu paksaan, tetapi itu pilihan dari diri sendiri, mencoba untuk mengembangkan potensi diri. 

Pesan yang bisa gue sampaikan adalah bahwa kita hidup pastinya akan berada di lingkungan yang berbeda-beda. Adaptasi merupakan hal yang penting, jika kita dapat beradaptasi dengan semua orang dan dalam kondisi apapun, pastinya ga akan ribet deh untuk betah dan mengembangkan diri. Bersikaplah terbuka dan jujur terhadap diri sendiri. Pelajaran yang sampai sekarang gue belon belajar adalah bahwa jangan berubah menjadi orang lain saat lo sedang berada di lingkungan yang berbeda, tetaplah menjadi diri lo, jadinya orang-orang yang mendekati lo adalah orang-orang yang benar-benar suka sama lo. 

No comments:

Post a Comment