Friday, March 25, 2011

They are also human

Apa yang gue mau share hari ini adalah berkaitan mengenai cara penilaian orang yang kerap kali keliru. Jujur aja, gue mendapat ide ini sehabis gue buka Youtube dan di sana ada video cewe nyanyi dengan comment yang amat sangat buruk. Apakah anda menebak bahwa orang tersebut Rebecca Black?! Hmmm, berarti anda harus menebak ulang. Bukan Rebecca Black orangnya, walaupun memang namanya sedang sangat terangkat bukan karena prestasinya, tetapi karena hasil karyanya yang dianggap oleh sebagian besar orang sangat tidak bermutu.

Buat gue, penilaian bermutu atau tidaknya suatu karya itu ga bisa segampang itu. Gue lebih memilih untuk mempertimbangkan segala aspek yang ada sebelum memeberikan penilaian, apalagi kalau penilaian itu bersifat buruk dan mencela. Hal itu yang banyak terjadi di dunia maya. Jika ada orang yang memasukkan video karyanya, seperti ia menyanyi ke media apa saja seperti Youtube. Well, sebaiknya sekarang anda harus berpikir ulang. Sebenarnya hal tersebut ga bisa gue terima, karena orang-orang yang sudah memberanikan diri untuk menekspresikan diri mereka apa adanya adalah suatu hal yang sangat hebat. Terlepas dengan kualitas yang dihasilkan, gue akan memberikan kredit lebih kepada mereka.

Okeh, sebenarnya pembahasan gue tidak berkisar mengenai fenomena Rebecca Black, tetapi hal ini menjadi menarik buat gue, karena gue ga menangkap ada yang salah dengan karya yang dihasilkan sama dia. Dia menyanyi lagu yang sederhana dengan lirik dan auto-tuned yang menurut sebagian besar orang menganggu telinga mereka. Gue sendiri uda cek videonya dan biasa aja sih sejujurnya, itu seperti anak remaja awal yang menyanyikan lagu balonku ada lima kalo di Indonesia, ga ada bedanya. Tapi penilaian orang di Youtube begitu negative dan membesar-besarkan hal tersebut. Gue ga bisa banyangin kalo gue ada di posisi dia saat ini, emang sih video dia jadi terkenal dan pendapatan dia naik banget. Tapi ga sebanding lah sama hinaan yang di dapat, dia masih remaja dan gue yakin itu pasti akan berdampak banyak pada self-image, self-esteem dan tahap perkembangannya yang lain.

Video Rebecca Black yang dikritik negative oleh sebagian besar dunia.

Komentar orang sekarang itu semakin ga manusiawi, semakin kritis tetapi ga berisi dan berperikemanusiaan. Sebenarnya yang gue mau tekanin adalah "jangan pernah berkomentar buruk mengenai karya atau yang orang lain perbuat, jika kita tidak bisa berbuat seberani dan sebagus mereka." Mereka kan juga manusia dan mereka ga salah kok dengan memasukkan karya mereka yang walaupun tidak berkualitas, itu kan cara masing-masing orang mengekspresikan diri mereka. 

Sama seperti perempuan satu ini yang gue liat videonya di Youtube. Dia seorang perempuan yang menurut gue sangat pemberani dan gue yakin dia orang yang baik. Dia dicela oleh konsumen Youtube, walaupun tidak sedikit juga yang membelanya. Mengapa orang-orang mencelanya? Apakah videonya ga penting? Dia sendiri memasukkan videonya saat dia sedang bernyanyi. Suaranya biasa aja sejujurnya menurut gue. Ga jelek dan ga bagus juga, tapi dia berhak mendapatkan banyak kredit atas apa yang sudah dia lakukan. Jujur aja, dia memiliki postur badan yang sangat besar, apalagi dia perempuan. Hal tersebut seharusnya menjadi issue yang sangat besar dan sensitive bagi perempuan. Gue ga ngerti alasan dia masukkin video dia apa, tapi gue salut banget dengan dia yang berani memasukkan mengekspresikan diri dia, di mana mungkin masih banyak perempuan di luar sana yang malah mengumpat di balik tempurungnya. Gue yakin masih banyak perempuan yang badannya jauh lebih ideal dari dia dengan suara yang jauh lebih bagus tapi ga punya keberanian sebesar dia. 

Dia pasti uda tau konsekuensi apa yang akan dia dapat setelah dia masukkin video tersebut. Tapi dia tetep masukkin tuh. Gue ga yakin betul apa maksudnya dan gue ga berhak membuat asumsi apa-apa, tapi satu hal yang bisa kita pelajari. Walaupun 30 orang yang memberikan comment yang sama mengenai mukanya yang seperti bulldog, dia adalah tetap seorang manusia yang sama seperti kita semua. Dia pastinya tidak meminta dan berdoa kepada Tuhan untuk memiliki keadaan yang seperti sekarang, tetapi ia berdiri dan menunjukkan kepada dunia bahwa orang seperti dia itu ada. 

Video si perempuan tersebut yang gue ga tau namanya siapa. :)

Video References : 

No comments:

Post a Comment