Monday, November 28, 2011

Muncul Kegalauan Secara Tiba-tiba

DIPUTAR DULU, BARU DIBACA


BERMULA SAAT HASH TAG ATM 2010
Entah apa yang terjadi, secara tiba-tiba gue merasa sangat rindu untuk balik ke masa lalu. Semua kenangan di masa SMP, SMA dan semester 1 sungguh berharga dan ingin rasanya bisa menikmati masa-masa itu lagi. Rasa galau ini mulai muncul saat kemarin banyak teman-teman kuliah yang sedang mengenang masa-masa ATM 2010. Rasanya sungguh luar biasa saat itu. Gue baru masuk dan masih sangat sedikit mengenal orang, tetapi Pramabim dan ATM sungguh mengubah hidup gue di level makro. Gue merasakan banyak perubahan yang terjadi setelah event-event itu. Kenangan 3 hari 2 malam di Pramabim, dimana gue ga ngomong sama sekali dengan roommate gue (bahkan ada yang ga inget kalo gue sekamar dengan mereka *menambah kegalauan). Pramabim juga merupakan moment pertama dimana gue mendapatkan kelompok yang sangat luar biasa (Kelompok Bakso). Gue merasa sangat diterima di lingkungan yang begitu ramah dan hangat. Semua perspektif mengenai ospek yang menyeramkan berubah seketika. Apalagi saat tracking dan harus berusaha bersama-sama menjaga sumbu api yang menyala. Semua anak 2010 bergabung menjadi satu, dari yang kenal maupun tidak. Kita semua mempunyai tujuan yang sama, yaitu menjaga agar api tetap nyala. Rasanya saat itu seperti api yang ada di sumbu itu juga menular ke seluruh jiwa dan raga. Rasa semangat dan kebersamaan sungguh terasa kental pada malam hari itu. Titik puncaknya terjadi saat api itu dinyalakan menjadi api unggun yang berkobar begitu hebat. Bulu kuduk serasa berdiri, seluruh emosi bercampur menjadi satu. Namun, semua kelelahan, rasa dingin, semuanya terbayarkan dengan api unggun yang berkobar. Seluruh kakak pendamping menyemangati kita dan menerima kita dengan sangat baik. Sungguh tiga hari dua malam itu sangat bermakna.

Setelah itu, ada lagi event ATM 2010 yang merupakan kegiatan organisasi gue pertama di psikologi. Gue belum juga mengenal seluruh anak 2010, tapi sudah harus bekerja bersama mereka. Waktu itu gue masuk menjadi tim dekor dan bertemu dengan orang-orang yang super. Di ATM, gue belajar banyak banget tentang diri gue. Gue menyadari sangat bahwa gue berasal dari SMA yang sangat tidak mendukung kegiatan berorganisasi (media pembelajaran). Gue merasa sangat kecil dibandingkan dengan anak-anak lain yang mungkin sudah mengikuti banyak kegiatan organisasi, di tingkat yang lebih tinggi. Tapi rasa semangat justru membuat gue mencoba menjadi lebih baik lagi. Akhirnya, saat-saat indah tercipta dengan teman-teman dekor gue. Dari harus ke rumah temen untuk menyelesaikan pekerjaan dekor, sampai ke Pasar Pagi untuk beli barang-barang yang dibutuhkan. Semuanya sangat berharga.

MASA LABIL, IMMATURE, SMP & SMA
Semua hal yang terjadi di masa-masa awal kuliah menarik gue balik ke masa SMP dan SMA. Masa SMP dan SMA gue dihabiskan dengan orang-orang yang sangat luar biasa. Masa-masa labil dan tidak dewasa mewarnai masa-masa SMP dan SMA gue. Dari ngelabrak orang yang kalo dipikir-pikir sekarang, itu merupakan tindakan yang sangat bodoh. Semua kenangan dengan teman-teman dan cerita cinta butanya sempat mewarnai dunia pertemanan gue. Saat ada teman yang sudah dekat dari SMP, SMA, namun pada akhirnya harus mengakhiri hubungan karena tidak cocok dengan kepribadiannya. Ada juga teman dekat yang akhirnya tidak dekat karena dia lebih memilih wanita dibandingkan temannya. Sungguh konyol, namun rasa sakit dan kangen masih terasa sampai sekarang. Sungguh seandainya waktu dapat diputar kembali, ingin rasanya mengubah sikap tidak dewasa itu.

No comments:

Post a Comment